Mengukur Turbidity Selama Pengolahan Gula

Mengukur Turbidity Selama Pengolahan Gula

Banyak makanan yang kita makan mengandung pemanis, kita bisa menggunakan berbagai macam bahan mulai dari madu hingga gula pasir. Pada tahun 70an silam, meningkatnya teknologi pengolahan sirup jagung tinggi fraktosa menyebabkan banyak industri beralih dari gula halus. Hal tersebut juga disebabkan karena rendahnya biaya produksi dan kemudahan penanganannya.

Baru-baru ini, konsumen telah meningkatkan kesehatan karena kekhawatiran tentang aditif zat gula, yang mengarah ke permintaan untuk produk tanpa sirup jagung tinggi fruktosa. Akibatnya, produsen makanan dan minuman telah kembali menggunakan penggunaan gula rafinasi pada produk mereka, sebagai alternatifuntuk sirup jagung tinggi fruktosa.

Salah satu bahan baku pengolahan gula menggunakan tebu. Tebu tersebut diekstrak sarinya dengan cara digiling ataupun dihancurkan. Kemudian sari gula tersebut di jernihkan yang kemudian rebus dalam wadah vakum. Perebusan tersebut bertujuan untuk mengurangi kadar air yang berlebih. Dari proses tersebut akan menghasilkan kristal gula. Kristal gula akan melewati proses pembersihan, filtrasi dan dimasukan dalam sentrifuse baru kemudian menghasilkan gula siap makan.

Permasalahannya adalah keberadaan partikel-partikel yang terlarut pada sari gula akan berpengaruh terhadap efisiensi proses pemrosesan gula. Untuk mengguranginya Anda dapat menggunakan kapur, karbon aktif, dan zat pembersih. Karbon aktif dapat membersihkan senyawa flavonoid dan asam organik. Tetapi, efek samping dari penggunaan zat-zat pembersih adalah berkurangnya rasa gula yang dihasilkan. Jadi, Anda harus mencari takaran yang tepat dan itu perlu diukur dulu menggunakan alat ukur kekeruhan (turbidity meter).

Hanna Instruments menyarankan HI88713 ISO Benchtop Turbidity Meter. The HI88713 mengukur dalam kisaran 0 hingga 1000 FNU dengan akurasi tinggi ± 2%. Banyak kustomer yang puas dikarenakan HI88713 dilengkapi dengan sample cuvettes dan calibration cuvettes. HI88713 memiliki mode tutorial yang dapat memandu pengguna langkah demi langkah melalui proses pengukuran, membuatnya sangat mudah digunakan. Kustomer juga puas karena mempunyai log memory yang dapat menyimpan 200 records untuk memudahkan penelusuran. HI88713 memiliki LED inframerah, yang dimana bekerja lebih baik pada sampel matriks bewarna seperti sari gula tebu.

 

Setelah diketahui kekeruhannya maka Anda dapat menentukan seberapa banyak zat-zat pembersih diperlukan tanpa mengorbankan rasa gula yang Anda produksi. Dengan melakukan pengukuran tersebut maka proses produksi Anda akan semakin efisien dan kualitas produk Anda tetap terjaga. Dengan kualitas yang terjaga maka masyarakat akan lebih percaya terhadap produk Anda.